Artikel

PROFIL

14 Agustus 2024 10:56:37  Admin Desa  4 Kali Dibaca 

PROFIL DESA BALAD

Desa Balad Kecamatan Balad terletak disebelah Utara wilayah Kecamatan Balad Kabupaten Cirebon, luas wilayahnya tercatat ± 90.030 Ha, Jumlah Penduduk Desa Balad sebanyak 5.176 jiwa terdiri dari dengan jumlah kepala keluarga sebanyak 1.502 KK.

Sedangkan jumlah keluarga miskin (Gakin) 565 KK dengan prosentase 35 % dari jumlah keluarga yang ada di Desa Balad.

Batas-batas administrasi pemerintahan Desa Balad Kecamatan Dukupuntang sebagai berikut :

-        Sebelah Utara      : Desa Kepunduan

-        Sebelah Timur      : Desa Cangkoak

-        Sebelah selatan      : Desa Dukupuntang

-        Sebelah Barat      : Desa Dukupuntang

Dilihat dari topografi dan kontur tanah, Desa Balad Kecamatan Dukupuntang secara umum berupa Tanah darat/kering dan tanah sawah/basah yang berada pada ketinggian antara 170 M s/d 200 M di atas permukaan laut dengan suhu rata-rata berkisar antara 32º s/d 37º  Desa Balad terdiri dari 3 (Tiga) Dusun, 3 (Tiga) RW dan 14 (Empat Belas) RT. Orbitasi dan waktu tempuh dari ibu kota  kecamatan 1 Km²  dengan  waktu  tempuh 10 menit dan dari ibu kota kabupaten 7 Km²  dengan waktu tempuh 15 Menit.

 

Kondisi sosial kesehatan menunjukkan, bahwa dalam tahun 2021 kunjungan pasien yang berobat ke Pos Kunjungan Dokter, dan tempat pengobatan setempat tercatat sebanyak 48 orang.

Kesehatan ibu dan bayi menunjukkan dari sejumlah 98 Ibu dalam tahun 2021 melahirkan beserta bayi yang dilahirkan, Sedangkan keadaan gizi balita umumnya (99,9 %) baik, dan sekitar. Angka Harapan Hidup (AHH) penduduk rata-rata di bawah 60 tahun.

I.         Kondisi Sarana dan Prasarana Wilayah

1.         Kondisi Sarana dan Prasarana Pendidikan

Sarana pendidikan formal yang ada terdiri dari : 3 sekolah taman Bermain (KOBER), sekolah dasar 4 sekolah (2 SD, 2 MI), 2 sekolah menengah pertama, dan 1 sekolah menengah atas . Sarana pendidikan non formal yang ada, terdiri dari, - Pusat Kesehatan Belajar Masayarakat. Ketersedian sarana dan prasarana pendidikan formal maupun non formal tersebut masih sangat terbatas.

2.         Kondisi Sarana dan Prasarana Kesehatan

Sarana dan prasarana pelayanan kesehatan yang ada, berupa 5 Posyandu, 1 Balai Pengobatan, 1 Dokter Praktek, dan 1 Bidan Praktek. Ketersediaan sarana dan prasarana pelayanan kesehatan masih sangat terbatas,

3.         Kondisi Sarana dan Prasarana Perekonomian

 

Bidang perdagang dan usaha ekonomi lainnya, yaitu terdapat 80 warung. Bidang pertanian, yaitu terdapat areal lahan persawahan yang terdiri dari setengah teknis, tadah hujan, dan irigasi pedesaan seluas 90 Ha.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Menu Kategori

 Statistik

 Agenda

Belum ada agenda

 Sinergi Program

 Pemerintah Desa

 Komentar

 Media Sosial

 Peta Wilayah Desa

 Peta Lokasi Kantor


Alamat : desa
Desa : Balad
Kecamatan : Dukupuntang
Kabupaten : Cirebon
Kodepos :
Telepon :
Email :

 Statistik Pengunjung

  • Hari ini:16
    Kemarin:9
    Total Pengunjung:700
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.128.205.122
    Browser:Mozilla 5.0